jump to navigation

Cara cepat memasarkan barang secara Online August 13, 2012

Posted by ariefsyamsudien in Info.
trackback
Internet bisa dibilang adalah berkah pagi para pengusaha kecil. Mengapa begitu ? Coba bayangkan ketika internet belum menjadi kebutuhan sehari-hari seperti sekarang. Memasarkan produk dulu bisa dibilang merupakan suatu kegiatan yang hampir pasti membutuhkan biaya. Memasang iklan di koran, radio, brosur membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan dari kocek pengusaha dan belum tentu produk yang dipasarkan akan laku di pasaran. 
 
Sekarang dengan adanya internet maka biaya untuk memasarkan produk bisa ditekan sampai nol. Banyak situs-situs internet gratis yang bisa jadi media anda untuk memasarkan produk. Walaupun ada juga situs-situs yang meminta fee (yang biasanya) sedikit untuk memasarkan produk seperti situs lelang eBay, iOffer, dll. 
 
Nah, buat anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya banyak untuk beriklan, simak beberapa cara berikut ini untuk memasarkan produk anda :
  1. Manfaatkan e-mail dan berusahalah cari alamat-alamat e-mail yang bisa anda kirimkan penawaran menarik bagi produk anda. Makin banyak alamat e-mail maka makin besar kesempatan anda untuk menjual produk anda melalui sarana e-mail ini 
  2. Buatlah web/blog sebagai  untuk memajang produk anda
  3. Manfaatkan situs sosial media seperti Facebook, Twitter, Kaskus dan lain lain. Alangkah baiknya jika dalam situs sosial media tersebut anda dapat memberikan link ke situs anda.
  4. Manfaatkan forum online segmented yang mengkhususkan diri bagi peminat kegiatan tertentu. Jangan hanya berjualan saja di forum-forum online dengan tipe seperti ini namun bangunlah interaksi dengan para penggunannya. Contohnya jika anda menjual alat-alat musik, bergabunglah ke forum-forum yang membahas tentang musik. 
  5. Bergabunglah ke Yahoo Groups atau Google Groups dan buatlah penawaran produk anda disana. 
Selain minim biaya, keuntungan dari beriklan secara online adalah kemampuannya untuk menciptakan efek viral. Apa itu efek viral ? Efek viral dalam dunia internet adalah pelipatgandaan penyeberan informasi. Kita ambil contoh situs twitter. Setiap retweet yang dilakukan oleh pengguna twitter sebut saja si A akan berpotensi dibaca oleh seluruh follower dari si A . Jika seorang follower twitter si A membacanya dan kemudian juga me-retweet maka pesan tersebut berpotensi untuk dibaca oleh seluruh follower si B dan di-retweet. Begitu seterusnya sehingga terjadi suatu efek viral yang dashyat.
 
Jadi mulailah manfaatkan internet untuk memasarkan produk anda. Jika anda melakukannya dengan benar dan konsisten dijamin hasilnya akan memuaskan anda !  

Comments»

1. Ahmad Saadillah - September 1, 2012

bisa nih di coba cara agan nih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: