jump to navigation

Wasapadai Serangan Tomcat March 21, 2012

Posted by ariefsyamsudien in Info.
trackback


Seperti dikutip dari SuaraSurabaya akhir-akhir ini beberapa warga Surabaya sedang mengalami penyakit kulit yang menyerupai herpes. Penyakit kulit tersebut diketahui berasal dari cairan atau racun yang dikeluarkan oleh Tomcat. Serangan yang dilakukan tomcat sendiri bukanlah melalui gigitan melainkan dengan hanya bersentuhanpun selama tomcat telah mengeluarkan cairan hemolimf atau toksin maka kulit kita akan langsung bereaksi.
Sebenarnya apasih Tomcat itu? menurut Alexander Kepala Bidang Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Surabaya Tomcat atau kumbang rove merupakan predator tanaman padi atau musuh alami dari wereng dan kepik. Jika tanaman padi atau yang sejenis menghilang, maka serangga itu pun menyerbu rumah penduduk. Terutama di malam hari.
Hewan semacam semut besar, bersayap, dengan warna belang-belang hitam dan merah ini, diduga memiliki Racun 12 kali lebih mematikan daripada bisa ular cobra. Apa benar?
Seperti dikutip dari Kompas pakar serangga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Sutrisno, mengatakan, “Memang ada benarnya itu. Tapi racun serangga ini targetnya berbeda dengan racun kobra.”
“Racun kobra biasanya langsung menuju ke jaringan saraf sehingga dampaknya bisa fatal. Sementara, racun kumbang Paederus hanya menyerang bagian kulit”.tambahnya lagi.
Setelah Kita tahu apa itu tomcat dan efek buruknya bagi Kita, ada baiknya kita juga tahu cara pencegahan dan pengobatannya.
Dari berbagai sumber yang didapat Uniqhealth, Ketika seseorang mendapati kulitnya terkena racun dari serangga tomcat segeralah mencuci bagian kulit yang terkena dengan sabun guna menetralisir racun yang telah masuk kekulit.Setelah pencucian langsung diberikan obat anti alergi. Obat anti alergi yang dapat digunakan misalnya hydrocortisone 1% atau Salep betametasone+antibiotik neomycin sulfat atau Salep Acyclovir 5%.
Untuk pencegahannya masyarakat dihimbau untuk selalu menutup ruangan terbuka saat hendak menyalakan lampu. Karena tomcat sendiri senang mengikuti arah cahaya lampu, maka tidak heran tomcat mulai menyerang dan masuk kerumah pada malam hari disaat lampu dirumah menyala dengan terang. Untuk saat yang terdesak,Kita bisa menggunakan Pestisida alami berbahan laos untuk mengusir Si serangga beracun ini.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: