jump to navigation

Blogger Indonesia di Tuntut Oleh Facebook dan Google December 18, 2011

Posted by ariefsyamsudien in Info.
trackback
Dalam sepekan terdapat berita buruk yang datangnya dari Facebook dan Google. Kejadian ini berawal dari iseng-iseng Blogger Indonesia yang ingin sharing beberapa hal buat kita semua, namun kebaikannya malah mendapat ancaman yang buat kita terperanga mendengarnya.

Facebook menuntut 2 milyar ke Blogger Indonesia

Kemungkinan perkara tersebut sudah diselesaikan dengan baik-baik, Facebook menuntut 2 milyar kepada seorang Blogger Indonesia disebabkan telah membuat template blog yang mirip dengan Facebook. Berikut contoh template yang telah di jiplak.

JAKARTA – Facebook menunjuk perwakilan pengacaranya melalui kantor Maulana & Partners untuk melayangkan surat terhadap blogger Ainun Nazieb, yang dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta mengenai themes ‘Smells Like Facebook’. Menurut perwakilan kantor tersebut hal itu masih akan dibicarakan.

“Sebelum Ainun datang, kami tidak ingin bicara lebih dalam mengenai masalah ini,” kata juru bicara Maulana & Partners Dony Ferdian, saat dihubungi okezone, di Jakarta, Kamis (17/11/2011).

“Kami ingin menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Ainun Nazieb bersedia datang ke kantor kami pekan depan,” tandasnya.

Awal permasalah ini bermula ketika Nazieb membuat blog pribadi yang beralamat di nazieb.com dan membuat tema blog bernama ‘Smells Like Facebook’ yang mirip dengan tampilan Facebook versi pertama.

“Awalnya saya iseng saja untuk membuat tema blog saya mirip tampilan Facebook. Sampai akhirnya ada beberapa teman yang meminta saya menyediakannya sebagai tema yang bisa dipakai oleh orang banyak karena dinilai menarik. Jujur saya tidak berniat mencari keuntungan, karena saat itu saya hanya berniat share saja,” tutur Nazieb.

Nazieb yang masih berkonsultasi dengan kuasa hukumnya mengenai masalah yang sedang dihadapinya saat ini. menjelaskan beberapa poin yang dituntut oleh pihak Facebook kepada dirinya terkait penggunaan tema blog yang mirip dengan Facebook tersebut.

Upaya yang sedang dilakukan Nazeib saat ini ialah berkonsultasi denga kuasa hukumnya yang disediakan oleh pimpinan perusahaan di mana saat ini dia bekerja. Untuk nantinya memenuhi panggilan pihak Facebook Indonesia pada hari Senin, 21 November atau Rabu, 23 November 2011. (sumber: okezone.com)

2 Milyar merupakan nilai yang sangat besar, kejadian ini merupakan perilaku yang tidak harus ditiru. Boleh-boleh saja menggunakan atau membuat template yang serupa situs terkenal asalkan telah mengantongi izin dari pemiliknya. Solusi saya lebih baik membuat template sendiri daripada memodifikasi template orang lain. Lebih aman dan tanpa resiko tentunya.

90% Publisher Google Adsense Indonesia di Banned

Lagi asik berselancar di dunia maya..eh ada berita mengejutkan buat Blogger Indonesia, berita tersebut berisikan bahwa Google Adsense telah menghapus 90% Publisher dari Indonesia. Terus terang aja saya juga salah satu Publisher mbah Google. Meskipun masih memulai dari tahap awal dan kecil-kecilan dalam membangun bisnis melalui Adsense dan jika dibanned “gigit jari deh”. Namun setelah saya coba login ke akun saya, Alhamdulillah, masih dapat masuk dan melihat penghasilan harian dari GA. Banyak dari teman-teman Blogger yang mendapat email dari Google tentang banned di akun Adsensenya, yang membuat geli lagi email banned ini juga dilayangkan ke Blogger yang tidak punya account Adsense. Negara Indonesia sering diblacklist oleh mbah Google karena melakukan cara-cara “black hat” dalam menjalankan bisnis online dan resikonya berdampak bagi Blogger yang memakai cara-cara “bersih” sehingga menjadi korban juga.

Apakah sahabat blogger ada yang khawatir terhadap berita-berita yang dianggap sebagai badai besar dalam cyber space ini?

thank’s to sumber BEBAS BERKARYA

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: